Skip to content Skip to navigation

Tidak Benar Itu Isu 1.000 Tower

SERPONG, KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan, beredar kabar yang cukup mengagetkan bagi warga BSD City. Yaitu kabar bahwa akan dibangunnya tower raksasa pemancar frekuensi di wilayah Provinsi Banten. Jumlahnya tidak main-main, ada 1.000 buah katanya.

Nah, ternyata hal tersebut dibantah oleh Kepala Dinas Perhubungan-Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Kota Tangerang Selatan, Nurdin Marzuki. "Wah, 1.000 Tower? Tidak benar itu. Tidak ada rencana penambahan atau pembangunan tower sebanyak itu di BSD atau Tangsel," jelasnya kepada Kompas.com, Rabu (18/5/2011).

Justru Nurdin mengatakan hal sebaliknya. Yaitu akan dilakukan penyatuan beberapa tower telekomunikasi menjadi sebuah tower. "Justru sekarang sedang dijajaki penyatuan beberapa tower oleh beberapa provider. Jadi jumlahnya menjadi lebih sedikit dong dari sebelumnya," ulasnya.

Menurutnya, selama ini tower-tower yang dibangun di pinggir jalan, dekat gedung-gedung atau ruang publik lainnya, adalah sangat mengganggu estetika. "Kita lagi matangkan pembangunan proyek tower kamuflase. Jadi tower yang dibangun tidak akan mengganggu estetika, seperti misalnya dibangun di daerah pepohonan atau tempat-tempat yang tidak mengganggu pemandangan publik," jelasnya.

Nurdin mengatakan bahwa selama ini pembangunan tower yang dilakukan justru 'kebablasan', karena tidak memperhatikan faktor estetika lingkungan. "Dengan adanya tower kamuflase, jumlahnya lebih sedikit dan tidak menganggu estetika lingkungan," katanya lagi.

Mungkin klarifikasi Nurdin ini bisa memberikan pencerahan bagi warga BSD City dan Tangerang Selatan, bahwa pembangunan 1.000 tower tersebut adalah tidak benar. Justru yang sedang dijajaki adalah hal sebaliknya, penyederhanaan jumlah tower.

"Tidaklah, warga BSD City dan Tangsel jangan khawatir. Pembangunan 1.000 tower itu hanya isu. Tidak ada dan tidak benar," ujarnya.